Senin, 30 Maret 2020

Tagged Under:

Tugas 1 Teori Komputasi

By: salman On: 05.37
  • Share The Gag

  • Tugas 1

    a.           a. Teori Komputasi

    Teori komputasi (theory of computation) adalah cabang ilmu komputer teoritis (theoritical computer science). Teori komputasi berkaitan dengan studi bagaimana persoalan (problem) dapat diselesaikan pada sebuah model dengan menggunakan algoritma.

    b.      b. Teori komputasi memiliki banyak bidang salah satunya dibidang geografi. Komputasi dalam bidang geografi biasanya di gunakan untuk peramalan cuaca. Salah satu perusahaan yang menerapkan teori komputasi yaitu BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yakni instansi negara yang meneliti mengamati tentang metereologi klimatologi kualitas udara dan geofisika supaya tetap sesuai dengan perundang undangan yang berlaku di Indonesia. Berikut ini adalah tampilan dari website BMKG.






    Kesimpulan :

                BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) merupakan instansi dibawah naungan pemerintah yang bekecimpung dibidang geografi yang menangani tentang semua masalah iklim, cuaca, bencana alam yang terjadi di Indonesia. Salah satu tugas BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) adalah memprediksi adanya bencana alam yang bisa dihitung menggunakan algoritma yang merupakan salah satu implementasi dari teori komputasi.

                Dengan didukung alat yang memumpuni algoritma itu berjalan sesuai dengan tanda-tanda yang akan muncul seperti adanya tsunami, gempa bumi, dan sebagainya. Ini berguna untuk memprediksi kapan bencana alam itu terjadi, serta dapat memberikan efek waspada bagi warga setempat dan pemerintah setempat untuk berbenah dengan akan datangnya bencana alam yang sudah terprediksi.

                Selain bencana alam, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) juga meramalkan cuaca yang merupakan salah satu implementasi dari teori komputasi dibidang geografi. Seperti dilihat di website resmi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) terdapat informasi yang jelas terhadap ramalan cuaca pada hari ini, termasuk ramalan cuaca yang terdapat pada hari esok, seperti akan terjadinya hujan, atau cerah, serta memprediksi akan datangnya badai yang dating.

                Informasi terkait bencana alam seperti gempa bumi, tertera dengan jelas diwebsite BMKG bahwa gempa bumi tersebut terjadi di lokasi mana, waktu terjadinya gempa, serta kekuatan gempa yang dihasilkan. Selain itu terdapat berita-berita terkini yang bersangkutan dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) ataupun yang berhubungan dengan geografi di Indonesia.

                Pada website resmi BMKG terdapat informasi lain seperti kualitas udara yang terpadat pada daerah-daerah provinsi di Indonesia yang terpapar secara lengkap dan akurat berdasarkan algoritma yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk kebutuhan penakaran kualitas udara tersebut.

                Adapun informasi terkait potensi kebakaran hutan, perkiraan gelombang tinggi, perkiraan angin yang sudah terprediksi sebagai bentuk implementasi dari teori komputasi dibidang geografi.

                Kelebihan dari website resmi BMKG ini adalah memiliki informasi yang sangat lengkap serta valid, yaitu informasi yang diberikan terdapat keselarasan dengan apa yang terjadi. Kekurangan dari website resmi BMKG ini adalah salah satunya user interface yang kurang menarik dikarenakan memiliki warna yang cenderung datar hanya berwarna putih dan hitam.


    0 komentar:

    Posting Komentar