Jumat, 10 April 2020

Tagged Under:

Tugas Bulan 3

By: salman On: 05.32
  • Share The Gag

  • TUGAS BULAN 3
     A.   Buatlah/Carilah artikel tentang penerapan komputasi modern di lingkungan perusahaan/pendidikan atau bidang lain.
    Jawab:
    artikel yang terkait tentang Teori Komputasi Modern salah satunya adalah seperti yang ditulis di blog http://dedendiki25.blogspot.com/2018/03/teori-komputasi-implementasinya.html yang berisi tentang Teori Komputasi Modern serta diberbagai bidangnya.

    B. Sejarah komputasi modern yang berhubungan dengan perkembangan prosesor/software/hardware lainnya (pilih satu saja)
    Jawab:
    Perkembangan Intel berlanjut pada tahun 1985, Intel386™ Microprocessor. Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004.


    Kemudian pada tahun 1989, Intel486™ DX CPU Microprocessor merupakan prosesor pertama dengan lebih 1 juta transistor. Sebelumnya sudah dikenal generasi XT i186, dilanjutkan dengan generasi AT i286, i386 hingga i486. i486 dengan chip 32 bit ini bekerja dengan clock sampai 100MHz. i486 dipasarkan hingga pertengahan tahun 90-an.

    Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.
       C.  Sebutkan macam-macam komputasi modern.
    Jawab:
    Komputasi modern terbagi menjadi tiga macam, yaitu :
    Mobile Computing atau komputasi bergerak adalah kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel dan mudah dibawa dan mudah di pindah – pindahkan. Contoh dari perangkat komputasi bergerak, seperti smartphone, GPS, dll.
    Grid Computing atau komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar, ada beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah:
    Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
    Sistem menggunakan standart dan protocol yang terbuka.
    Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

    Cloud Computing atau Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet, Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi, dan layanan IT berbasis model dalam internet dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

       D.   Cantumkan daftar pustaka yang menjadi acuan.
    Jawab :
    Deden Diki Septiana. 2018. Teori Komputasi & Implementasinya di http://dedendiki25.blogspot.com/2018/03/teori-komputasi-implementasinya.html  (diakses 10 april 2020)
    Anggi Putri. 2018. Sejarah Komputasi Modern Tentang Perkembangan Prosesor di http://anggiputri24.blogspot.com/2018/04/sejarah-komputasi-modern-tentang.html (diakses 10 april 2020)

    Komentar Terhadap Artikel Poin A:
              Artikel pada poin A merupakan artikel dari blogspot dimana ditulis oleh seorang mahasiswa gunadarma, artikel tersebutberisi Teori Komputasi dan Implementasinya di segala bidang. Pada artikel tersebut pun memberikan informasi yang sangat lengkap dimulai dari pengertian komputasi yaitu sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma, serta pengertian Teori Komputasi yaitu Adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma. Bidang ilmu ini terutama membahas hal terkait komputabilitas dan kompleksitas, dalam kaitannya dengan formalisme komputasi.
              Selain itu artikel ini berisi tentang komputasi modern dan berbagai macamnya, lalu setiap macam dari komputasi modern ini pun di jelaskan dengan jelas dengan poin-poin yang tidak bertele-tele. Setelah poin-poin tadi, di artikel tersebut berisi juga implementasi teori komputasi yang sangat jarang di temukan dihalaman website lain.
              Ada beberapa bidang implementasi dari teori komputasi menurut artikel tersebut. Seperti di bidang kimia, matematika, geografi, fisika, serta geologi. Dari setiap bidang tersebut di jelaskan satu persatu dengan jelas serta diberikan contoh sehingga tidak membuat bingung dan tidak harus mencari-cari di website lain tentang contoh dari berbagai implementasi komputasi modern dari berbagai bidang. Serta artikel ini mencantumkan renfrensi dimana sangat bagus untuk ukuran artikel sederhana, yang biasanya hanya memplagiatisme suatu artikel, tetapi tidak berlaku untuk artikel ini.
              Akan tetapi artikel ini tidak sebegitu sempurnanya, masih ada kekurangan yang dimiliki dari artikel ini, seperti tampilan yang sangat sederhana dengan dikombinasikan warna coklat dengan warna latarnya serta hitam dibagian tulisannya, akan lebih bagus lagi diberi sedikit gradasi atau gambar atau latar belakang yang sedikit bervariasi untuk menimbulkan kesan indah dilihat. Serta profil dari penulis yang tidak jelas sehingga di artikel tersebut tercantumkan “unknown” yang dimana artikel ini tidak terkoneksi dengan blogger dari penulis tersebut.


    0 komentar:

    Posting Komentar